Advertisemen
Lampiran 1
OBSERVASI FISIK DAN SUASANA SEKOLAH (OFS)
Nama Mahasiswa : Susi Susanti Tindaon
NIM : 709141223
Jurusan/ Bid. Studi : Pendidikan Ekonomi/ Pendidikan Akuntansi
Sekolah Latihan : SMP/SMA Immanuel Kabanjahe
Amati keadaan sekolah tempat anda latihan dengan cermat. Untuk mendapatkan informasi yang akurat, anda melakukan wawancara dengan guru, pegawai, dan para siswa. Catat hasil pengamatan anda dengan melengkapi ini, atau menuliskannya di tempat lain bila tempat yang tersedia tidak mencukupi.
A. Keadaan Fisik Sekolah :
- Luas tanah : 1.500 QUOTE
- Jumlah ruangan kelas : 6 ruangan
- Ukuran ruang kelas : 288 QUOTE
- Bangunan lain yang ada yakni :
1. Lab Komputer Luasnya 72 QUOTE
2. Perpustakaan Luasnya QUOTE
3. Ruang BP / BK Luasnya 8 QUOTE
4. Ruang kepala Sekolah Luasnya 14 QUOTE
5. Ruang guru Luasnya 72 QUOTE
6. Ruang TU Luasnya 28 QUOTE
7. Kamar mandi guru Luasnya 4 QUOTE
8. Kamar mandi siswa Luasnya 4 QUOTE
9. Ruangan penjaga sekolah Luasnya QUOTE
5. Lapangan olah raga ,jenis, ukuran
a. Lapangan basket ukurannya 30 QUOTE
b. Lapangan terbuka ukurannya 2007 QUOTE
B. Keadaan Lingkungan Sekolah :
1. Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah :
ü Laboratorium (komputer. TIK dan Internet), perpustakaan, kantor guru, kantor tata usaha, kantor kepala sekolah, kantor wakasek, gudang, dan WC.
2. Kondisi lingkungan sekolah:
ü Lingkungan sekolah SMP/SMA Immanuel 2 Kabanjahe cukup asri dan sejuk sebab di depan sebagian kelas ditanami bunga dan pepohonan. Dengan kata lain secara umum sekolah ini cukup baik sebagai salah satu lembaga pendidikan dikarenakan letak sekolah cukup strategis yang berarti cukup tentram dalam proses KBM serta tidak cukup jauh dari kebisingan kendaraan.
C. Fasilitas sekolah (kualitasnya):
NO | Jenis fasilitas | Kuantitas/ jumlah | Kualitas / kelayakan |
1 | Perpustakaan | 1 | Cukup |
2 | Laboratorium IPA | - | - |
3 | Ruang BP | 1 | Cukup |
4 | Ruangan serba guna | - | - |
5 | Ruang TU | 1 | Cukup |
6 | Ruang kepala sekolah dan wakil | 1 | Baik |
7 | Ruang BP | 1 | Cukup |
8 | Ruang guru | 1 | Baik |
9 | Ruang kantin sekolah | 2 | Cukup |
10 | Ruang toilet | 1 | Cukup |
D. Penggunaan sekolah :
1. Jumlah sekolah yang menggunakan bangunan ini: SMP Immanuel 2 Kabanjahedan SMA Immanuel 2 Kabanjahe
2. Jumlah “shift” tiap hari : Yayasan Bersama wajib hadir 6 hari kerja, free les 1 hari dan disertai 1 hari piket.
E. Guru dan Siswa :
1) Jumlah guru = 14 Pengajar di SMP dan SMA
2) Jumlah kelas = 6 ruang untuk SMP dan SMA
3) Jumlah Siswa perkelas =
a. Kelas VII : 13 Orang
b. Kelas VIII : 13 Orang
c. Kelas IX : 9 Orang
d. Kelas X : 38 Orang
e. Kelas XI IPA : 22 Orang
f. Kelas XII IPA : 27 Orang
4. Jumlah siswa seluruhnya : 122 Orang
F. Interaksi Sosial :
(Tuliskan dengan singkat kesan anda tentang hubungan antara guru dengan guru, guru dengan siswa, dan hubungan antara semua personalia di sekolah tersebut)
1. Hubungan guru dengan guru : Baik, tampak para guru saling menghargai
2. Hubungan guru dengan siswa : Baik, tampak adanya kepedulian guru terhadap siswa
3. Hubungan siswa dengan siswa: Baik, adanya rasa persaudaraan yang cukup tinggi namun terkadang rasa persaudaraan yang ada disalah gunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat selain itu ada juga beberapa siswa yang sering bertengkar dikarenakan masalah pribadi mereka, dalam hal ini khususnya laki-laki.
4. Hubungan guru dengan pegawai tata usaha: Baik, adanya kerja sama yang baik saat urusan administrasi sekolah
5. Hubungan sosial secara keseluruhan : Secara keseluruhan seluruh dewan guru dan staf tata usaha mempunyai rasa sosial yang baik yang ditandai dengan tutur sapa yang lembut antara satu dengan lain.
G. Tata Tertib:
1. Untuk siswa : Ada
2. Untuk guru : Ada
3. Untuk pegawai : Ada
H. Kesan Umum :
Secara umum selama calon guru melaksanakan PPL di sekolah ini bahwa memang sekolah ini cukup baik dan guru-gurunya cukup memiliki kompetensi yang baik dan sarana dan prasarana cukup memadai. Guru-guru yang ada disekolah ini memiliki disiplin yang cukup baik, hal ini dapat terlihat dari kehadiran dan ketepatan guru pada saat masuk les mata pelajarannya. Melihat dari situasi sekolah yang ada dan kondisi siswa yang ada merasa sangat prihatin dengan sikap dan mental siswa yang ada disekolah tersebut, hal ini daapt dilihat dari minat dan tingkah laku siswa yang kurang menunjukkan sikap sebagaimana seorang siswa. Dari pengalaman ini saya selaku calon guru banyak mendapat peajaran bagaimana cara atau pendekatan yang harus dilakukan pada siswa yang tersebut dan hal ini sudah langsung saya lihat ari cara guru-guru dalam menyelesaikan setiap permasalhan yang dilakukan oleh murid tersebut.kemampuan guru inilah yang membuat saya semakin salut terhadap seorang guru yang mampu mendalami karakter seluruh siswanya.
Kabanjahe, Desember 2012
Disetujui: Diketahui:
Kepala Sekolah, Guru Pamong,
(Drs. P. Karo-karo) (Cory Debora Sembiring, Spd)
Advertisemen